Kisah Inspiratif, Anak Buruh Desa di Banyumas Berhasil Jadi Wisudawan Terbaik Unsoed IPK 3,97

Elde Joyosemito/Arbi Anugrah
.
Selasa, 24 Januari 2023 | 10:41 WIB
Kisah Inspiratif, Anak Buruh Desa di Banyumas Berhasil Jadi Wisudawan Terbaik Unsoed IPK 3,97. Foto: Dok Unsoed

PURWOKERTO, iNewsCilacap.id - Samini, anak dari pasangan orangtua yang hanya seorang buruh berhasil menjadi wisudawan terbaik di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. Samini yang berasal dari Desa Banjarsari, Kecamatan Ajibarang, Banyumas ini memperoleh IPK nyaris sempurna 3,97.

Dikutip dari iNewsPurwokerto.id, anak bungsu dari pasangan Nasam dan Nasiyah yang memiliki latar belakang kehidupan sederhana di Desa Banjarsari tak menyurutkan Samini untuk menempuh pendidikan tinggi. Sang ayah yang hanya seorang buruh di peternakan ayam, dan ibunya yang bekerja di pabrik makanan ringan.

Hari ini, Selasa (24/1/2023) menjadi hari yang bersejarah bagi Samini. Dia menjadi wisudawan terbaik periode wisuda ke-147 tingkat universitas untuk jenjang pendidikan strata satu dengan predikat pujian (cumlaude) di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dengan IPK mencapai 3,97.

Kerja keras dan ketekunannya Samini dalam menimba ilmu hanya ditempuh dalam waktu tiga tahun dua bulan. Samini berhasil mendapatkan gelar wisudawan terbaik Unsoed. 

Dia sendiri merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Sebagai anak seorang buruh, baginya dapat menempuh pendidikan hingga bangku kuliah merupakan kesempatan yang sangat luar biasa. 

Kerja keras dan ketekunanya berhasil menghantarkannya meraih mimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan S1 di Unsoed. Dia diterima sebagai mahasiswa melalui jalur SNMPTN dalam program Bidikmisi pada 2019.

Program Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. 

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini