get app
inews
Aa Read Next : Daop 5 Purwokerto Catat 55.000 Penumpang Gunakan Kereta Api pada Masa Angkutan Nataru 2023

Banjir Semarang, KA Kamandaka Batal Berangkat, Perjalanan Kereta Dialihkan Lintas Selatan

Minggu, 01 Januari 2023 | 10:00 WIB
header img
Banjir Semarang, KA Kamandaka Batal Berangkat, Perjalanan Kereta Dialihkan Lintas Selatan. Foto: Dok Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsCilacap.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto memohon maaf atas dibatalkannya perjalanan KA Kamandaka relasi Purwokerto – Tegal – Semarang Tawang. Hal ini dikarenakan curah hujan yang tinggi di wilayah Semarang, Kendal dan sekitarnya pada Sabtu (31/12) pagi lalu hingga menyebabkan gangguan perjalanan kereta api.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro mengatakan hujan deras yang terus menerus terjadi sejak Sabtu dini hari di wilayah Semarang dan sekitarnya mengakibatkan banjir menggenangi beberapa jalur KA di lintas utara pulau Jawa. Dampaknya kereta api yang akan melintas harus tertahan atau melintas dengan pembatasan kecepatan tertentu demi keselamatan. 

Akibatnya banjir tersebut, terdapat beberapa perjalanan KA penumpang yang mengalami keterlambatan dan harus memutar melalui lintas Selatan. Imbas lainnya khusus di wilayah Daop 5 Purwokerto ada beberapa KA yang harus dibatalkan keberangkatannya.

“Kami atas nama manajemen KAI Daop 5 mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan KA karena dibatalkannya dan terganggunya perjalanan serta pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Semarang dan sekitarnya,” ujar Krisbiyantoro dalam keterangannya, Senin (1/1/2023).


Penumpang di atas Purwokerto. Foto: Dok Daop 5 Purwokerto

 

Dia mengungkapkan, berdasarkan informasi, bahwa ada titik yang tidak bisa dilalui perjalanan kereta api, yakni pada petak jalan Semarang Tawang - Alastua (Kota Semarang) karena adanya genangan air setinggi 12 cm di atas kop rel, dan pada petak jalan Kaliwungu - Kalibodri (Kabupaten Kendal) karena adanya Sungai Waridin yang meluap sehingga mengakibatkan gogosan pada jalur rel KA di wilayah tersebut.

Untuk perjalanan KA, informasi dari Pusat Pengendali Operasional KA Daop 5 pada pukul 04.57 WIB perjalanan KA Penumpang yang mengalami keterlambatan karena harus memutar di wilayah Daop 5 diantaranya yaitu:

* KA 73A Brawijaya relasi Malang - Semarang Tawang – Gambir diputar via Malang – Solo – Purwokerto – Cirebon

* KA 105 Jayabaya relasi Malang- Surabaya Pasarturi – Pasarsenen diputar via Malang – Surabaya Pasarturi – Brumbung – Solo – Purwokerto - Pasar Senen.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut