get app
inews
Aa
Read Next : Wajib Tau! Inilah 12 Kuliner Khas Kebumen yang Menggoyang Lidah

Gempa Tektonik M 4,7 Guncang Cilacap, Dirasakan di Kebumen hingga Pangandaran

Minggu, 09 Oktober 2022 | 11:41 WIB
header img
Ilustrasi gempa Cilacap (Foto:Dok iNews.id)

CILACAP, iNewsCilacap.id - Gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 4,7 mengguncang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Minggu, (9/10/2022) pukul 10.43.41 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Menurut Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.32 derajat Lintang Selatan 109.02 derajat Bujur Timur.

"Tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 66 km arah Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah pada kedalaman 33 km," kata Setyoajie dalam keterangannya.

Menurut dia, dampak guncangan gempabumi ini sendiri dirasakan di daerah Cilacap, Kebumen, Pangandaran II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi di Cilacap merupakan jenis gempabumi dangkal. Hal ini akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut