get app
inews
Aa Read Next : Gunakan Uang Palsu Belanja di Pasar Tumpah Purwokerto, Warga Banyumas Diamankan Polisi

Warga Mernek Didampingi Tim Pemberdayaan Unsoed, Berharap CSR Pertamina Berlanjut

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:41 WIB
header img
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan pendampingan kepada anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Mernek, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. (Foto Dok Unsoed)

CILACAP, iNewsCilacap.id - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan pendampingan kepada anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Mernek, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Pendampingan dilakukan oleh Tim Pemberdayaan yang bertujuan menjadikan desa setempat menjadi mandiri sejahtera.

Pada bagian lain, warga setempat juga berharap Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah (JBT) melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Maos melanjutkan bantuan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Pemberdayaan dari Unsoed yang telah melakukan pendampingan. Dan kami berharap, kegiatan CSR binaan Pertamina TBBM Maos untuk KWT Desa Mernek sejak tahun 2019 terus berlanjut,"ujar Ketua KWT Desa Mernek, Iis Yuniarti yang juga istri Kepala Desa Mernek pada acara Kegiatan Sarasehan Pemberdayaan Masyarakat-Pemberdayaan KWT dalam Ketahanan Pangan Produktif dan Inovatif di Balai Desa Mernek, Kecamatan Maos, Cilacap,  Sabtu (13/8/2022).
    
Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Tim Riset dan nara sumber Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dari Unsoed Dr Toto Sugito, SSos, MSi, instruktur/nara sumber Tim Pemberdayaan dari Unsoed Dr Adhi Iman Sulaiman, SIP, MSi. Selain itu juga nara sumber dari mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Unsoed Drs. Prasetiyo, nara sumber dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Maos Arina Nofriasih SP, dan Kepala Desa Mernek Bustanul Arifin SH dan 35 anggota KWT Desa Mernek.

Saat ini, KWT Desa Mernek telah menerima bantuan CSR dari Pertamina TBBM Maos. Bantuan berupa barang dan pelatihan untuk budidaya pertanian, perikanan, peternakan, lingkungan hidup, pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Di antaranya berupa green house, gazebo, kandang ayam, kolam ikan lele, kebun hidroponik dan pengembangan agro eduwisata Kawasan Wisata Ekonomi Maju Jaya Indonesia (Kawista EMJI).  

Menurut Iis Yuniarti, ada empat kelompok anggota KWT Desa Mernek yang mengelola bantuan CSR Pertamina. Yakni kelompok  Sri Rejeki, Bunga Desa, Mewah dan Mekarsari.

"Kami sangat merasakan manfaatnya bantuan itu. Kami berharap, bantuan itu terus berlanjut di tahun depan, dan Tim dari Unsoed mengawal pemberdayaan di Desa Mernek,”ujar Apriliyanti, ketua kelompok Bunga Desa KWT Desa Mernek.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut