get app
inews
Aa Read Next : Wow! Inilah Pemain Sepakbola Asal Blora, Pratama Arhan Anak Desa Puncak Karirnya Kelas Internasional

Pemain Bola Asal Banjarnegara, Ilham Rio Fahmi: Kisah Inspiratif Menuju Kemenangan di SEA Games

Selasa, 30 April 2024 | 13:23 WIB
header img
Pemain Bola Asal Banjarnegara/istimewa

Banjarnegara,iNewscilacap.id - Ilham Rio Fahmi, nama yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun, bagi para pecinta sepak bola tanah air, terutama di Banjarnegara, Jawa Tengah, nama ini sudah tidak asing lagi.

Pemuda kelahiran 6 Oktober 2001 ini menjelma menjadi salah satu bintang sepak bola muda yang bersinar terang di kancah nasional dan internasional.

Perjalanan Rio menuju puncak karirnya tidaklah mudah. Lahir di keluarga sederhana di Desa Ampelsari, Banjarnegara, Rio kecil sudah menunjukkan bakat sepak bolanya sejak dini.

Semangatnya untuk bermain sepak bola tak pernah padam, bahkan saat dia harus bekerja sebagai penjaga konter pulsa selama setahun setelah lulus SMA untuk membantu perekonomian keluarga.

Tekad dan kerja kerasnya membawanya ke jenjang yang lebih tinggi. Pada tahun 2020, Rio bergabung dengan tim junior Persija Jakarta. Tak butuh waktu lama, bakatnya menarik perhatian pelatih tim senior dan Rio pun dipromosikan ke tim utama pada tahun 2021.

Di Persija, Rio menjelma menjadi salah satu bek kanan terbaik. Kemampuannya dalam menjaga lini pertahanan dan membantu serangan timnya membuat dia menjadi pemain kunci bagi Macan Kemayoran. Penampilan gemilangnya di level klub mengantarkannya ke tim nasional Indonesia U-22.

Momen puncak karir Rio datang di SEA Games 2023 Kamboja. Masuk sebagai pemain pengganti di babak final melawan Thailand, Rio memberikan kontribusi krusial dengan satu assist yang mengantarkan timnas U-22 meraih medali emas.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut