get app
inews
Aa Read Next : Konsolidasi Jaringan Muda Ahmad Lutfi Cilacap: Antusiasme Pemuda untuk Perubahan Jawa Tengah

10 Oleh-oleh Khas Cilacap, Jangan Lewatkan saat Berkunjung di Kota Bercahaya

Minggu, 22 Oktober 2023 | 11:30 WIB
header img
Sale pisang, Oleh-oleh khas Cilacap. Foto: Instagram

5. Gembus

Gembus adalah jajanan tradisional mirip geblek yang memiliki tekstur kenyal. Terbuat dari singkong dengan rasa gurih, Gembus dapat disantap dengan tambahan bumbu pecel atau sambal saon. Selain varian rasa tradisional, ada juga rasa modern seperti durian, cokelat, dan keju. Gembus frozen tersedia dengan harga Rp1.000 per biji.

6. Tempe Dages

Tempe Dages, terbuat dari ampas tahu, memiliki warna hitam dan tekstur lembut. Anda bisa membeli tempe dages goreng dengan harga Rp500 per biji atau tempe dages mentah di pasar untuk lebih tahan lama.

7. Karedok

Karedok Cilacap mirip dengan karedok khas Bandung dan terbuat dari sayuran mentah dengan tambahan bumbu kacang, ketupat, tahu, dan kerupuk. Harganya sekitar Rp20.000 untuk porsi besar.

8. Sale Pisang

Sale pisang Cilacap berbentuk keripik tipis dari berbagai jenis pisang seperti pisang kepok, pisang raja bandung, raja nangka, atau pisang lempeneng. Harganya sekitar Rp10.000 per bungkus.

9. Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk memiliki rasa gurih mirip rempeyek udang karena menggunakan yutuk atau undur-undur laut. Teksturnya renyah dan bisa bertahan lama.

10. Batik Tulis Cilacap

Cilacap memiliki batik khas dengan motif yang terang dan corak klasik. Meskipun cukup mahal karena proses pembuatannya yang masih manual dan kualitas tinggi, batik tulis Cilacap ini adalah oleh-oleh budaya yang unik.

Jangan lupa untuk membawa pulang salah satu atau beberapa dari oleh-oleh khas Cilacap ini sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke daerah ini.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut