get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

Sejarah Masjid Agung Darussalam Cilacap, Didirikan Keturunan Sunan Kalijaga Dua Abad Lalu

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 16:55 WIB
header img
Sejarah Masjid Agung Darussalam Cilacap yang Dibangun Oleh Keturunan Sunan Kalijaga. Foto: Dok Diskominfo Jateng

CILACAP, iNewsCilacap.id - Masjid Agung Darussalam Cilacap yang terletak di Jl. Masjid No.1, Cilacap, Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap menyimpan catatan sejarah panjang.

Dari informasi turun termurun yang diketahui oleh Ketua Takmir Masjid Agung Darussalam Cilacap, KH Muslihun Ashari, masjid tersebut telah berdiri sekitar dua abad yang lalu.

Hal tersebut tercermin dari sebuah beduk kuno yang ada di dalam masjid, dengan angka berbahasa Arab yang tertera di badan beduk, yaitu angka 1776. 

Angka tersebut diyakini menandakan tahun awal pembangunan masjid, yaitu tahun 1776 Masehi.


Masjid Agung Darussalam Cilacap yang Dibangun Oleh Keturunan Sunan Kalijaga. Foto: Dok Diskominfo Jateng

 

Masjid ini didirikan oleh keturunan atau murid Sunan Kalijaga, yaitu Kiai Kali Husen dan Kiai Kali Ibrahim. Para pendiri masjid ini membangunnya ketika Cilacap masih bukanlah sebuah kabupaten seperti sekarang. 

Selain masuk dalam kategori masjid tua, masjid ini memiliki keunikan, yaitu jumlah tiangnya yang berbeda dari masjid-masjid lainnya. 

Biasanya, masjid memiliki empat tiang saka guru, namun di masjid ini, terdapat 22 tiang, ditambah dengan tiang yang ada di sekitar masjid, sehingga total ada 36 tiang.

Selain memiliki banyak tiang, masjid yang berdiri di lahan seluas 3.500 meter persegi dan memiliki luas bangunan utama sekitar 2.500 meter persegi itu atapnya dibentuk mirip dengan rumah joglo.

Kemudian, keberadaan satu mustoko atau ornamen yang diletakkan di puncak atap masjid, menyerupai peninggalan Wali Songo di Masjid Agung Demak. 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut