get app
inews
Aa Read Next : Tak Tertanding! 7 Harapan Mayjen Purn Wuryanto untuk Banyumas, Sang Putra Daerah Siap Berjuang

Ubah Sampah Jadi Uang, Banyumas Menjadi Tuan Rumah Smart Green ASEAN Cities UNCDF

Selasa, 12 September 2023 | 20:18 WIB
header img
Ubah Sampah Jadi Uang, Banyumas Menjadi Tuan Rumah Smart Green ASEAN Cities UNCDF. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsCilacap.id - Banyumas menjadi Kabupaten pertama di Indonesia yang dinobatkan sebagai tuan rumah Smart Green Asean Cities (SGAC) Programme’s 2nd City Windows Series dengan tema “Transforming Cities Planning, Structuring, and Financing Project” sebagai percontohan dalam pengelolaan sampah.

13 kota dari 8 negara yang tergabung dalam jejaring SGAC menggelar pertemuan pada 12-14 September 2023 di Java Heritage Hotel Purwokerto dan akan dibawa untuk melihat langsung pengelolaan sampah di Banyumas pada Rabu esok.

Program Manager SGAC UNCDF Chenchi G Dorjee menuturkan terpilihnya Banyumas menjadi tuan rumah karena Banyumas dinilai mampu menjadi leading pertama.

“Terkesan dengan bagaimana tim dari Banyumas mampu bekerja dan mengelola sampah serta mengubahnya menjadi uang,” kata Dorjee dalam kesempatan tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwasannya Banyumas menjadi kandidat terpilih dari beberapa kota yang diusulkan oleh Pemerintah Indonesia setelah sebelumnya melalui beberapa proses assessment yang menandakan bahwa Banyumas sudah memiliki level ditingkat ASEAN.

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengaku bangga dan senang dengan terpilihnya Banyumas menjadi tuan rumah SGAC Programme’s 2nd City Windows Series.

“Saya atas nama Banyumas merasa terhormat menjadi tuan rumah pada acara tingkat ASEAN. Dengan ini saya mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan,” ujarnya.

Ia mengaku, pengelolaan sampah didorong untuk menjadi salah satu komitmen yang mendorong perubahan iklim dan mendukung implementasi dan pencapaian kota-kota berwawasan lingkungan di Asia Tenggara yang telah menjadi prioritas ASEAN.

“Mari manfaatkan 3 hari ini untuk saling belajar. Jika Banyumas yang merupakan kota kecil mampu mengubah pengelolaan sampah menjadi nyaris tanpa sampah. Maka saya yakin, kota-kota lain yang lebih besar pasti bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Seperti diketahui City Windows Series 2 merupakan bagian dari Program Smart Green ASEAN Cities yang didanai oleh Uni Eropa sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kapasitas kota-kota ASEAN dalam pengembangan kota ramah lingkungan dan cerdas melalui pertukaran pengalaman EU-ASEAN dan merupakan tindak lanjut dari acara pertama yang diadakan di Bangkok pada 6-8 Desember tahun lalu.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut