get app
inews
Aa Read Next : Terbaru! 8 Bakal Calon Bupati Banjarnegara 2024 Diperkirakan Maju, Siapa yang Berpotensi Memimpin?

Manfaatkan Sisa Pekarangan, Pria di Banjarnegara Raih Omzet Jutaan per Bulan dari Budidaya Sukulen

Selasa, 28 Februari 2023 | 10:50 WIB
header img
Seorang petani di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kusnen sukses melakukan budi daya sukulen dengan memanfaatkan sisa pekarangan rumah yang sempit. (Foto: Elis Novit/iNews)

BANJARNEGARA, iNewsCilacap.id - Seorang petani di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kusnen sukses melakukan budi daya sukulen dengan memanfaatkan sisa pekarangan rumah yang sempit. Dia mampu meraup omzet jutaan rupiah per bulan dari budidaya tersebut.

Sukulen merupakan tanaman hias yang menyimpan air di daun dan batangnya. Karena bentuknya yang unik, lucu, dan mini, banyak warga yang memburunya untuk menjadikan tanaman hias ruangan atau meja.

Kusnen membudidayakan lebih dari 200 jenis sukulen. Budi daya dilakukan baik melalui penyemaian anakan atau biji. Menurutnya, merawat sukulen cukup mudah, penyiraman dilakukan dua hingga tiga hari sekali. Sementara, rumput liar perlu dicabut secara rutin. 

"Secara perawatan mudah, ga makan tempat terlalu luas. Penjualan sampai luar pulau, Bali, Medan, ada juga Jakarta," ujarnya dikutip, Selasa (28/2/2023).

Editor : Aditya Pratama

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut