get app
inews
Aa Read Next : Jangan Buang Kantong Teh Bekas, Ternyata Bisa Dipakai untuk Perawatan Tubuh!

Mulai Sekarang Jangan Malas Mandi, Ini Dampak Positif yang Belum Diketahui Banyak Orang!

Kamis, 23 Februari 2023 | 21:58 WIB
header img
Mengenal manfaat mandi untuk kesehatan (Foto: wellnessworkdays)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Mandi merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan setiap hari. Alasan utama mandi adalah untuk menjaga kebersihan tubuh. 

Tetapi tahukah, mandi dapat membantu meningkatkan energi dan mood Anda? Benar, mandi dapat membantu lebih dari sekadar membersihkan badan saja. Ada banyak manfaat yang harus diketahui. 

Penasaran apa saja? Berikut adalah manfaat yang didapatkan dengan mandi baik air hangat ataupun dingin, yang dilansir dari Wellness Workdays.

1. Kurangi Kecemasan 

Faktanya, mandi telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental. Ini karena mandi air hangat dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Reaksi tubuh terhadap suhu hangat, secara alami dapat melemaskan otot dan pikiran. Karena mekanisme ini, risiko gejala depresi menjadi lebih rendah setelah mandi.  

Mandi juga bisa menjadi salah satu bentuk meditasi atau berfungsi sebagai media untuk istirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Bahkan mandi di malam hari dapat membantu Anda rileks dan mengantuk sebelum tidur.  

2. Tingkatkan Energi

Mandi air dingin dapat meningkatkan energi. Hal ini dikarenakan pelepasan bahan kimia di otak yang terjadi saat air dingin menurunkan suhu tubuh. Melatonin, hormon tidur turun sebagai reaksi dari dingin, yang dapat menyebabkan tubuh merasa terjaga. Hal ini disertai dengan peningkatan sirkulasi darah, detak jantung, dan laju pernapasan yang akan memberi Anda perasaan berenergi. Mandi air dingin di pagi hari dapat membantu seseorang merasa siap menjalani hari.

3. Tingkatkan Percaya Diri

Dengan mandi, selain tubuh menjadi bersih tetapi juga dapat meningkatkan kadar hormon penambah suasana hati, seperti norepinefrin dan serotonin. Hormon-hormon ini membantu memberi perasaan berenergi dan bahagia, yang pada akhirnya mengarah pada meningkatnya kepercayaan diri.

4. Tingkatkan Produktivitas

Mandi pagi atau sebelum memulai hari cenderung memiliki tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Mandi pada waktu tertentu setiap hari adalah salah satu cara untuk membantu mendapatkan jadwal yang terstruktur.  Selain itu, mandi di pagi hari dapat meningkatkan kreativitas dengan memberikan ruang untuk waktu tenang dan menyendiri dengan pikiran Anda.

Editor : Vien Dimyati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut