get app
inews
Aa Read Next : Terbaru! 5 Bakal Calon Bupati Banyumas 2024 Diperkirakan Maju, Siapa yang Berpotensi Memimpin?

Manfaatkan Akun belajar.id, Dindik Banyumas Raih Penghargaan Kemendikbudristek

Kamis, 02 Februari 2023 | 15:24 WIB
header img
Manfaatkan Akun belajar.id, Dindik Banyumas Raih Penghargaan Kemendikbudristek. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsCilacap.id - Dinas Pendidikan Banyumas mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) karena memanfaatkan akun 'belajar.id'. Penghargaan tersebut diraih setelah Kabupaten Banyumas mendapat nilai tertinggi dalam pemanfaatan akun ‘belajar.id’ tingkat Propinsi Jawa Tengah periode 1 Juli hingga 11 Nopember 2022 lalu.

Co-Kapten belajar.id Titi Endri Astuti mengatakan bahwa Kabupaten Banyumas merupakan daerah fokus belajar.id dengan pengguna tertinggi se-Jawa Tengah dan peringkat ke-4 se-Indonesia. 

“Ini berkat dukungan dan motivasi dari Kepala Dinas dan jajarannya serta kerja sama semua pihak,’ kata Titi dalam keterangannya, Kamis (2/2/2023).

Sertifikat daerah Fokus belajar.id ini diserahkan oleh Titi Endri Astuti dan Agustina Kartini mewakili Co-Kapten belajar.id kepada Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Susetya Dwi Ningsih, Kamis (2/2/2023).

Di tempat terpisah Kepala Dindik Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengatakan akun belajar.id ini merupakan sebuah akun google yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses layanan google workspace for education dengan berbagai produk pendidikan dari Kemdikbudristek Dikti.

Diantaranya seperti SimPKB, PPG, Guru Penggerak, Tanya BOS, Rapor Pendidikan, dan Platform Merdeka Mengajar. Ia menambahkan akun ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengakses Canva for Education yang sangat membantu guru dalam membuat bahan mengajar ke siswa.

“Alhamdulillah, Jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banyumas dapat memanfaatkan akun belajar.id dan mendapatkan penilaian persentase tetinggi dalam aktivitas akun pembelajaran di tingkat propinsi Jawa Tengah, sehingga mendapatkan penghargaan Kemdikbudristek RI,” katanya.

Joko menambahkan, melihat keberhasilan tersebut pihaknya akan terus meningkatkan jumlah akun yang diaktivasi untuk peningkatan mutu belajar dan mengajar dalam dunia pendidikan di Kabupaten Banyumas.

“Diharapkan setelah melakukan aktivasi, guru dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk suksesnya Program Merdeka Belajar di Kabupaten Banyumas. Sehingga dapat menjaring dan menyasar ke seluruh satuan pendidikan yang ada baik akun untuk guru maupun siswanya,” imbuhnya.

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut