Pj Bupati Cilacap Dorong Kegiatan Seni Budaya

Arbi Anugrah
.
Selasa, 17 Januari 2023 | 15:52 WIB
Bupati Yunita Dyah Suminar berharap, seni budaya asli Kabupaten Cilacap terus berkembang. Foto: Dok Kominfo Cilacap

CILACAP, iNewsCilacap.id – Pj Bupati Yunita Dyah Suminar berharap, seni budaya asli Kabupaten Cilacap terus berkembang. Tidak hanya mencintai seni budaya, ia juga mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan kuliner daerah dan berbagai produk UMKM.

“Pokoknya mari gunakan produk sendiri. Cintai seni budaya sendiri,” kata Yunita dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

Wanita yang kerap menggunakan dialek ngapak saat berdialog dengan masyarakat ini selalu menyampaikan harapannya tersebut dalam berbagai kesempatan. Salah satunya saat melakukan kunjungan dinas ke wilayah kecamatan.

Kecintaannya terhadap seni sangat terlihat. Terutama saat memberikan apresiasi terhadap penampilan siswa siswi maupun masyarakat dalam berbagai acara kedinasan.

Seperti saat peringatan HUT ke – 51 KORPRI Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang digelar di Alun-Alun Cilacap. Ninit sapaan akrab Yunita Dyah Suminar ini tanpa canggung turut bergabung bersama para peserta flashmob dance untuk ikut menari.

Pada kesempatan yang berbeda, Ninit juga turut bergabung bersama siswa-siswi SMP Negeri 5 Cilacap yang tengah berlatih menari, Jumat (13/1) lalu. “Genah cinta budaya,” tambahnya.

Untuk mendukung kebijakan Pemkab Cilacap terhadap pengembangan seni budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap berencana menggelar kegiatan apresiasi seni. Kegiatan ini akan melibatkan Korwil Bidik dan Komda, dengan memanfaatkan event Car Free Day di masing-masing wilayah.

Menurut Kepala Dinas P dan K Kabupaten Cilacap, Sadmoko Danardono didampingi Plt Kabid Kebudayaan, Kamto menegaskan, budaya merupakan landasan berpijak dalam setiap aspek kehidupan. Adapun seni merupakan turunan dari nilai-nilai luhur kebudayaan, yang tercipta dari rasa dan karsa.

Maka dari itu, pihaknya mengajak seluruh Korwil untuk mengoptimalkan materi muatan lokal (Mulok) seni budaya sesuai potensi wilayah masing-masing. Untuk tingkat kabupaten sendiri, direncanakan kegiatan apresiasi seni akan digelar tiap Jumat.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Bagikan Artikel Ini