get app
inews
Aa
Read Next : Hotel DAFAM Cilacap Menginspirasi dengan Aksi Peduli Lingkungan: Cabut Paku untuk Kelestarian Alam

Timnas U-16 Juara Piala AFF 2022, Ini Sosok Pahlawan Final dan Pemain Terbaik

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:45 WIB
header img
Ada dua sosok penting pemain Timnas Indonesia yakni Kafiatur Rizky dan Muhammad Iqbal Gwijangge. Sehingga Timnas Indonesia U 16 bisa juara. (Foto IG PSSI)

SLEMAN, iNewsCilacap.id -  Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2022. Ini adalah prestasi kedua setelah sebelumnya tahun 2018 silam. Ada dua sosok penting pemain Timnas Indonesia yakni Kafiatur Rizky dan Muhammad Iqbal Gwijangge.

Salah satunya adalah Kafiatur Rizky menjadi buah bibir pecinta sepak bola Tanah Air. Dia mencetak gol semata wayang yang membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia jumpa Vietnam pada laga final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022). 

Satu-satunya gol dicetak Kafiatur jelang turun minum. Dia melepaskan sepakan melengkung kaki kiri dari jarak dekat yang tak mampu dihalau kiper Vietnam. Gol Kafiatur memastikan Indonesia juara Piala AFF U-16 untuk kedua kalinya setelah 2018. 

Kafiatur mencetak tiga gol di Piala AFF U-16 2022. Sebelumnya pemain bernomor punggung 9 itu sudah mencetak dua gol ke gawang Singapura di fase Grup A. Kala itu Indonesia menang telak 9-0. 

Kafiatur emiliki nama lengkap Muhammad Kafiatur Rizky. Awalnya ia bergabung dengan Borneo FC yang markasnya terletak di kota Samarinda, Kalimantan Timur sejak Januari 2021 lalu. Berkat permainannya yang mengagumkan dia ditunjuk untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16 di 2022.

Selain Kafiatur, sosok penting lainnya adalah kapten Timnas Indonesia U-16 Muhammad Iqbal Gwijangge. Dia mendapat predikat Pemain Terbaik. 

Iqbal dinilai sukses memimpin rekan-rekannya selama berlaga di ajang yang digelar sejak 31 Juli 2022 ini. Dia pun selalu tampil di setiap laga Timnas Indonesia U-16 dari fase grup hingga final. 

Garuda Asia mengakhiri grup A sebagai juara dengan mengemas poin sempurna 9. Mereka menang atas Filipina U-16 (2-0), Singapura U-16 (9-0), dan Vietnam U-16 (2-1). 

Iqbal juga memimpin rekan-rekannya menang di partai semifinal atas Myanmar U-16 melalai drama adu penalti. Sampai akhirnya juara setelah menang 1-0 atas Vietnam U-16 di babak final. 

Selama lima laga yang dimainkan, Timnas Indonesia U-16 hanya kebobolan sebanyak dua kali. Ini menandakan peran Iqbal sangat penting terutama di jantung pertahanan Indonesia. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut