get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sundar Pichai, Tinggal di Rumah Kecil hingga Sukses Jadi Bos Google

Gagal Kuliah, Gautam Adani Jadi Orang Tertajir Nomor 4 Dunia Gusur Bill Gates

Sabtu, 16 Juli 2022 | 18:20 WIB
header img
Inilah orang yang menggeser peringkat Bill Gates dari dari daftar Miliarder Terkaya di Dunia versi Forbes. Dia adalah Gautam Adani. (Foto iNews)

NEW DELHI, iNewsCilacap.id - Inilah orang yang menggeser peringkat Bill Gates dari dari daftar Miliarder Terkaya di Dunia versi Forbes. Dia adalah Gautam Adani. Orang terkaya di India dan Asia. 

Berdasarkan perhitungan Forbes, Adani peringkat keempat. Ia menggeser Bill Gates karena pendiri Microsoft itu mendonasikan 20 miliar dolar AS atau Rp300 triliun ke yayasan amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation. 

Dalam daftar Real Time Billionaires Forbes, kekayaan Adani saat ini tercatat sebesar 112,6 miliar dolar AS atau Rp1.689 triliun saat ini. Sedangkan kekayaan Gates sebesar 103 miliar dolar AS atau Rp1.544,6 triliun. 

Adani merupakan konglomerat multinasional pemilik Adani Group. Mengutip Sugermint, Adani lahir dalam keluarga Gujarati-Jain pada 24 Juni 1962 di Ahmedabad, Gujarat. Ayahnya adalah seorang pedagang tekstil.  

Adani memiliki 7 saudara kandung dan orang tuanya bermigrasi dari kota kecil Tharad di bagian utara Gujarat dengan harapan bisa mendapatkan kesempatan yang lebih baik bagi keluarganya.  

Adani menyelesaikan SMA di Sheth Chimanlal Nagindas Vidyalaya di Ahmedabad. Setelah itu, dia mendaftar kuliah di Universitas Gujarat, namun menyadari bidang akademisi tidak cocok dengannya, sehingga memilih putus kuliah setelah tahun kedua kuliahnya.   Pada 1978, sebagai seorang remaja, Adani pindah ke Mumbai, kota impiannya dengan hanya membawa 100 rupee. 

Dia bekerja sebagai penyortir berlian untuk Mahendra Brothers selama 2-3 tahun. Pada saat yang sama, dia mendirikan perusahaan pialang berlian sendiri di Zaveri Bazaar, pasar perhiasan Mumbai yang tak tertandingi.  

Selanjutnya pada 1981, Mansukhbhai Adani, kakak laki-lakinya membeli unit bisnis plastik di Ahmedabad dan mengajaknya mengelola bisnis tersebut. Adani memulai bisnis impor polimer primer untuk industri kecil pada 1985. 

Tiga tahun kemudian, dia mendirikan Adani Exports Limited, perusahaan induk dari Grup Adani. Saat ini, perusahaan itu dikenal sebagai Adani Enterprises Limited, di mana awalnya bergerak di bidang listrik dan komoditas pertanian. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut