get app
inews
Aa Read Next : Diskusi! Disrupsi Teknologi: Membuka Jendela Baru bagi Kader PAC IPNU dan IPPNU Cilongok di Media

Menggala Ranch, New Zealand of Java di Banyumas, Begini Panoramanya

Kamis, 23 Juni 2022 | 15:34 WIB
header img
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono berkaos merah saat meluncurkan Menggala Ranch.

BANYUMAS, iNews.id - Destinasi ini berada di perbatasan antara Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok dan Desa Tumiyang, Kecamatan Pekuncen. Sebelum dibuka resmi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat main ke onjek wisata tersebut. Kemudian Ganjar menyebut kalau Menggala Ranch adalah New Zealand of Java.

Mengapa disebut sebagai New Zealand of Java? Karena di lokasi setempat bisa melihat perbukitan dengan sapi-sapi yang diumbar.  Bahkan, khusus di Menggala Ranch, pengunjung dapat bermain dengan domba maupun sapi. Cocok sekali untuk wisata keluarga. Apalagi panorama lingkungan sekitar instagramable.

Wisata Menggala Ranch secara resmi telah dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono. Sebetulnya memang sudah dibuka sebelumnya, namun secara resmi diluncurkan pada Sabtu (18/6/20

Ketika peresmian, Guno Purtopo mewakili Menggala Ranch mengatakan pada awalnya lokasi setempat sangat sepi. 

“Kemudian ada peternakan domba yang dikembangkan oleh Pak Bing Urip Hartoyo. Setelah ada peternakan domba dengan konsep umbaran, ada ide untuk pengembangan wisata di sini,”kata Guno.

Dia mengungkapkan areal yang dipakai untuk pengembangkan destinasi wisata Menggala Ranch merupakan kerja sama dengan Pemkab Banyumas. 

“Ternyata setelah dibuka menjadi tempat plesiran, sangat instagramable. Mereka yang berkunjung ke sini berselfie dan mengambil foto maupun video untuk selanjutnya diunggah di media sosialnya masing-masing,”jelasnya.

“Jadi, waktu itu Pak Ganjar ke sini dan menyebutnya sebagai New Zealand of Java. Saya yakin, ini akan menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Banyumas,”katanya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut