get app
inews
Aa Read Next : SBI Raih 10 Penghargaan dari TOP CSR Awards 2023, Salah Satunya Pabrik Cilacap

Para Ilmuwan yang Mendapat Pengakuan Dunia Karena Kemampuannya, Ini Daftarnya

Minggu, 19 Juni 2022 | 06:55 WIB
header img
BJ Habibie

JAKARTA, iNews.id - Inilah daftar ilmuwan tanah air yang diakui oleh dunia. Mereka memang sangat jenius dan menciptakan berbagai inovasi

Penemuannya itu kemudian digunakan secara luas, bahkan perusahaan-perusahaan multinasional.

Siapa saja ilmuwan yang terkenal tersebut? Berikut catatan SINDOnews dari berbagai sumber yang dikutip iNews Cilacap.


1. Bacharuddin Jusuf Habibie 

Siapa yang tidak kenal BJ Habibie? Tokoh yang pernah menjadi wapres dan presiden Indonesia. Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Ia pernah menjabat Presiden ketiga Indonesia, seorang insinyur, dan industrialis penerbangan. BJ Habibie memperoleh gelar sarjana di Technische Hoschule Aachen di Aachen, Jerman dan kemudian melanjutkan untuk mendapatkan gelar doktor di RWTH Aaachen. BJ Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, kemudian 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Sebab, BJ Habibie mengembangkan teori tentang termodinamika, konstruksi pesawat, dan aerodinamika yang dikenal dunia. Sehingga muncul istilah Faktor Habibie, Teorema Habibie, dan Metode Habibie. Dia juga memprakarsai pembuatan pesawat N-250 saat kembali ke Indonesia dan diangkat sebagai CEO Indonesia Aerospace pada tahun 1974. 

2. Johny Setiawan 

Ilmuwan ini lahir di Jakarta pada 16 Agustus 1974. Johny kini  adalah seorang astronom dan astrofisikawan yang dikenal sebagai penemu banyak planet ekstrasurya. Johny merupakan astronom yang saat sekarang menjadi peneliti Departemen Pembentukan Bintang dan Planet, Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg, Jerman. Studi doktoralnya berada di Albert Ludwigs University of Freiburg, Jerman.


Johny Setiawan

Dia telah menemukan lebih dari 15 planet baru di tata surya, yaitu HD-47536b, HD 11977b, TW Hydrae b dan masih banyak lagi di tahun 2010. Salah satu planet yang berhasil ditemukan dijadikan sebagai salah satu planet Top 10 Science Discoveries dalam edisi majalah TIME. Dia adalah satu-satunya ilmuwan non-Jerman yang mengepalai proyek tim di Institut Astronomi Max Planck di Heidelberg, Jerman. 

3. Yogi Ahmad Erlangga 

Yogi lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 8 Oktober 1974 dan dikenal sebagai ilmuwan yang berhasil memecahkan Persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara cepat (robust). Rumus tersebut sangat rumit dan hampir 30 tahun sulit dipecahkan.


Yogi Ahmad Erlangga 

Lewat riset doktoralnya, dia berhasil memecahkan rumus persamaan Helmholtz dengan predikat summa cumlaude pada tahun 2010 di Delft University of Technology (DUT), Belanda. Formula ini memungkinkan para insinyur untuk secara efektif dan mudah menemukan minyak dari bumi dengan menghitung gelombang elektromagnetik di dalamnya secara akurat. Yogi Ahmad Erlangga yang lulus Teknik Penerbangan ITB pada 1998 saat ini mengajar sebagai dosen di universitas Al-Faisal di Riyadh, Arab Saudi. Persamaan Helmholtz yang dipecahkan juga bisa mengukur gelombang elektromagnetik untuk laser, penyimpanan data pada Disc Blu-ray, hingga radar penerbangan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut