get app
inews
Aa Read Next : Konsolidasi Jaringan Muda Ahmad Lutfi Cilacap: Antusiasme Pemuda untuk Perubahan Jawa Tengah

Bagaimana Seharusnya Kendarai Mobil Matic saat Berhenti di Lampu Merah, Posisi N atau D?

Senin, 30 Mei 2022 | 15:21 WIB
header img
Saat berhenti di lampu merah mana yang benar, transmisi berada di gigi netral (N) atau drive (D). (Foto: ADM)

JAKARTA, iNews.id - Banyak pengguna mobil bertransmisi otomatis atau matic yang selalu mempertanyakan bagaimana seharusnya ketika berada di lampu merah. Pertanyaan ini kadang kerap menimbulkan polemik di kalangan pengendara, apakah transmisi berada di gigi netral (N) atau drive (D). 

Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan secara teknikal kedua-duanya diperbolehkan. Bahkan, mobil berada di posisi D saat berhenti tidak merusak apa pun.

Namun, untuk alasan keamanan saat mobil berhenti lebih lama tidak direkomendasikan diam di posisi D. Jika pengemudi tidak konsenterasi kerap terjadi mobil insiden nyelenong menabrak kendaraan di depan karena lupa menginjak rem, atau salah menginjak pedal. 

"Dari sisi safety kurang aman, ada kemungkinan mobil menabrak kendaraan di depannya bila tidak direm," ujar Bambang di Jakarta, baru-baru ini. 

Menurut Bambang, posisi transmisi paling aman saat berhenti di lampu merah atau macet ada di N. Jika berhenti di atas 2 menit bisa ditambah dengan rem tangan. Selain menghindari gigi pegal juga pengendara bisa lebih rileks.

"Jika waktu stasioner hanya sebentar menggunakan D. Namun, jika berhenti lama kira-kira di atas 2 menit mungkin karena macet untuk safety pindahkan ke posisi N," katanya.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut