get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR RI Novita Wijayanti Apresiasi Dedikasi Basarnas dan Soroti Perlunya Peningkatan Anggaran

Novita Wijayanti Sebut Peran Penting UMKM sebagai Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Selasa, 05 Maret 2024 | 17:54 WIB
header img
Novita Wijayanti Sebut Peran Penting UMKM (@novitawijayanti)

Cilacap.iNews - Novita Wijayanti, Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, menegaskan pentingnya peran para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Novita menyatakan pandangannya saat menghadiri acara Peringatan Hari Pers 2024 'UMKM Fest: Wartawan Peduli UMKM', di Gedung DPR RI, Senayan, pada Selasa (5/3/2024).

Menurutnya, kehadiran UMKM di Indonesia memiliki dampak yang signifikan dalam menggerakkan roda perekonomian, terutama di era digitalisasi seperti sekarang.

"Perhatian terhadap UMKM harus terus ditingkatkan, dengan fokus pada peningkatan kualitas dan daya saing, terutama dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi," ujar Novita.

Lebih lanjut, politikus Gerindra ini menegaskan perlunya dukungan pemerintah dalam mengembangkan UMKM, mulai dari kemudahan perizinan, akses modal, hingga promosi di pasar domestik dan internasional.

"Dengan UMKM yang kompetitif, kita akan melihat dampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional," tambahnya.

Novita juga menyoroti peran UMKM dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan distribusi pendapatan yang lebih merata.

"Oleh karena itu, pembangunan dan pemberdayaan UMKM harus menjadi prioritas dalam kebijakan ekonomi, untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif," paparnya.

Dengan demikian, keberadaan UMKM bukan hanya sekadar elemen ekonomi, tetapi juga menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional, yang menghasilkan inovasi, memperluas pasar, dan mendorong penciptaan lapangan kerja.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut