get app
inews
Aa Read Next : Cilacap Jadi Tuan Rumah Bergengsi Pra Popda Banyumas 2024, PJ Bupati Cilacap: Selamat Bertanding

12 Wisata Pantai di Cilacap, Menyuguhkan Panorama Alam Indah

Kamis, 09 November 2023 | 18:33 WIB
header img
Pantai Teluk Penyu Cilacap. Foto: Instagram @nismara_photo.

CILACAP, iNewsCilacap.id - Cilacap mempunyai sejumlah pantai dengan pemandangan mempesona yang memiliki daya tarik sebagai alternatif wisata bareng teman, kerabat dan keluarga.

Berikut daftar wisata pantai di Cilacap yang keren dan nyaman dengan pemandangan alam yang indah seperti dirangkum iNewsCilacap.id :

Daftar Wisata Pantai di Cilacap

1. Pantai Teluk Penyu Cilacap


Pantai Teluk Penyu Cilacap. Foto: Instagram @nismara_photo.

 

Pantai Teluk  Penyu merupakan destinasi wisata bahari paling populer di Cilacap. Teluk Penyu yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia memiliki jajaran pantai yang indah.

Pantai Teluk Penyu lokasinya tidak jauh dari Benteng Pendem. Pantai ini menawarkan panorama alam indah dengan latar belakang Pulau Nusakambangan yang  tampak hijau.

Ketika masuk senja, merupakan waktu terbaik untuk  menikmati panorama pantai ini.

2. Pantai Kamulyan

Pantai Kamulyan Cilacap yang berlokasi di Desa Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, menjadi alternatif wisata bahari selain Pantai Tepuk Penyu.

Pantai Kamulyan memiliki karakteristik yang menjadi daya tarik pengunjung, di antaranya ombak yang besar, memiliki hamparan pasir berwarna hitam yang lembut. tak heran anak-anak senang bermain pasir.

Yang tak kalah menaik yaitu keindahan alam ketika proses sunset maupun sunrise akan menyajikan panorama alam yang sangat cantik dan indah.

3. Pantai Pasir Putih

Keindahan wisata pantai Cilacap lainnya itu Pantai Pasir Putih yang ada di Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Di pantai itu wisatawan akan disuguhi panorama pantai pasir putih dengan karang-karang dan hutan hijau yang cukup lebat.

Untuk menuju ke Pantai Pasir Putih, wisatawan harus menaiki perahu dari Pantai Teluk Penyu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit

4. Pantai Nusakambangan


Selain penjara, Pulau Nusakambangan juga memiliki destinasi wisata tersembunyi yang indah. Foto KKP

 

Meskipun Pulau Nusakambangan terkenal sebagai tempat tahanan dengan tingkat keamanan tinggi, pulau ini memiliki pantai dengan panorama ekstois.

5. Pantai Sodong


Mengenal keindahan Pantai Sodong di Cilacap Foto: Instagram@diaul.m
 
Destinasi wisata bahari yang terletak di Jl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kecamatan Adipala, dapat menjadi salah satu pilihan pengunjung di Kabupaten Cilacap.

Pantai cukup ramai apalagi saat akhir pekan menawarkan pemandangan yang indah serta fasilitas yang lengkap dan menarik, seperti kolam renang, taman yang cukup teduh di pinggir pantai dan bukit, ATV untuk berkeliling pantai serta tempat makan maupun stan souvenir.

6. Pantai Widarapayung

Pantai yang terletak di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun ini memiliki karakteristik pantai yang sangat landai. Pepohonan kelapa dengan hembusan angin menjadikan pantai sejuk.

Untuk menuju Pantai Widarapayung cukup mudah karena dapat diakses menggunakan angkutan umum seperti bus jurusan Cilacap – Gombong maupun kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

Selain kesejukan pantai, Pantai Widarapayung memiliki fasilitas yang memberian kenyamanan bagi pengunjung, berupa tempat berteduh, gardu pandang, kolam renang, warung makan, dan kesenian daerah.

Pengelola pantai itu juga telah menyiapkan tenaga keamanan penjaga pantai (Search & Rescue) untuk menciptakan suasana aman bagi pengunjung.

7. Pantai Jetis


Keindahan Pantai Jetis di Cilacap yang harus dijelajahi Foto: Instagram @margarethaheening

 

Pantai yang berlokasi di wilayah Kecamatan Nusawungu atau berbatasan langsung dengan obyek wisata Pantai Ayah Kebumen ini memiliki sebutan pantai Cemara Sewu.

Sebutan tersebut disematkan karena terdapat banyak pohon cemara laut yang ditanam sebagai penghijauan di wilayah ini.

Keindahan lain yang ditawarkan yaitu panorama ombak laut selatan, pemandangan alam pegunungan dan keindahan alur Sungai Bodo.

Selain pemandangan indah, pengunjung juga dapat berbelanja aneka ikan laut karena terdapat tempat pelelangan ikan tradisional TPI Congot. Tempat ini ramai dikunjungi para pedagang dan pembeli.

8. Pantai Cemara Sewu

Pantai yang beralamat di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu menawarkan pemandangan indah. Pantainya pun tidak terlalu merasa panas pada siang hari karena terdapat banyak pohon.

Fasilitas menaik lainnya yaitu terdapat AVT yang dapat disewa untuk mengelilingi pantai. Ketika sore hari, pengunjung juga akan melihat sunset yang bagus pantainya bagus.

9. Pantai Permisan

Pantai ini juga terdapat di Pulau Nusakambangan. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sebelah selatan Pulau Nusakambangan memiliki panorama alam yang indah.

10. Pantai Bunton

Pantai Bunton merupakan sebuah destinasi wisata bahari lain yang terdapat di Cilacap. Pantai ini menawarkan pesona yang berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya, karena terletak di dekat PLTU Bunton.

Meskipun dekat dengan PLTU, pantai ini memiliki lanskap perbukitan dan pohon cemara yang masih alami memberikan pemandangan dari pantai ini.

11. Pantai Selok Ayu

Pantai Selok juga merupakan salah satu dari sejumlah detinasi wisata bahari di Cilacap. Pantai ini dapat menjadi pilihan berlibur bersama dengan teman atau keluarga. Pantai Selok mempunyai air jernih dengan pemandangan yang cantik.

12. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandang terletak di ujung timur Pulau Nusakambangan. Keindahan pantai ini karena memiliki pasir berwarna puith.

Itulah deretan tempat wisata pantai di Cilacap yang dapat Anda kunjungi bersama teman, kerabat dan keluarga. Selamat Berlibur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut