get app
inews
Aa Read Next : Cilacap dan 11 Kota Lainnya di Jateng Diprediksi Kena Megathrust, Begini Respons BMKG  

Masyarakat Bisa Ciptakan Alat Deteksi Gempa Bumi Sederhana, Cukup Gunakan Kaleng Bekas

Minggu, 12 Februari 2023 | 09:41 WIB
header img
BNPB mengajak masyarakat membuat alat deteksi gempa bumi sederhana. Alat tersebut bisa dibuat memanfaatkan bahan-bahan sederhana. (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak masyarakat membuat alat deteksi gempa bumi sederhana. Alat tersebut bisa dibuat memanfaatkan bahan-bahan sederhana.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan alat-alat rumah tangga sederhana untuk digunakan sebagai sistem peringatan dini gempa bumi namun tepat guna. 

Dia menyebut, alat peringatan dini gempa bumi bisa dibuat dengan barang-barang yang kerap dijumpai di rumah, seperti menyusun kaleng bertingkat. Hal ini dapat menjadi 'alarm' jika terjadi gempa bumi.

Dengan menyusun kaleng-kaleng yang diisi batu secara bertingkat, maka ketika gempa terjadi tumpukan kaleng tersebut akan jatuh.

"Sehingga menimbulkan bunyi yang berisik sebagai alarm bagi pemilik rumah untuk segera evakuasi keluar rumah," ujar Muhari dalam keterangannya dikutip, Minggu (12/2/2023).

Muhari menambahkan, fenomena gempa bumi yang terjadi di Kota Jayapura belakangan waktu lalu bisa disikapi dengan lebih waspada.

“Terlihat dari data BMKG kekuatannya melemah. Sehingga bapak dan ibu tidak perlu takut, kami minta tetap waspada,” ucapnya.

Tak hanya itu, Muhari juga meminta masyarakat bisa memastikan jalur evakuasi untuk keluar dari rumah yang tidak terhalang oleh benda berukuran besar seperti kulkas, meja, dan sebagainya.

“Bagi masyarakat agar dipastikan tidak ada barang-barang besar yang bisa menghalangi proses evakuasi keluar rumah saat terjadi gempa,” tuturnya.

Editor : Aditya Pratama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut