get app
inews
Aa Read Next : Cek Sekarang! 10 Destinasi Wisata Kudus Bikin Kalian Betah, Pemandangannya Bak Syurga

Mengenal Sungai Paling Sakral di Kalimantan, Berwarna Merah Dipercaya Bisa Bikin Cantik 

Sabtu, 11 Februari 2023 | 19:52 WIB
header img
Mengenal keunikan sungai merah yang sakral (Foto: Instagram @indoflashlight)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Pesona keindahan alam yang ada di Kalimantan selalu menarik untuk dijelajahi. Ada banyak hal unik di Kalimantan, termasuk salah satunya sungai merah yang fenomenal.

Sungai merah sangat berbeda dengan sungai-sungai pada umumnya, lantaran warnanya yang berwarna merah. Tak heran, jika warga sekitar juga menyebutnya dengan Sungai Merah, tepatnya di Kabupaten Barito Selatan.

Lantas, seperti apa keunikan Sungai Merah ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (11/2/2023). 

Fenomena Sungai Merah 

Sungai yang ada Barito Selatan ini memiliki warna kemerahan. Warna merah yang mengalir di sungai tersebut berasal dari kontaminasi akar-akar pepohonan di hutan Gunung Beriun. Hutan ini menjadi hulu sungai dan sangat lebat, sesuai dengan ciri khas hujan tropis di Kalimantan. Diketahui, warna merah pada sungai, sudah ada sejak dulu. Dalam bahasa dayak, sungai ini dinamakan dengan nama Sungai Marak. Kawasan Sungai Merah masih sangat asri, dikelilingi dengan berbagai vegetasi hijau yang tumbuh subur di hutan Kalimantan. 

Miliki khasiat 

Sungai Merah yang terletak di sepanjang jalur pendakian di Gunung Beriun ini, airnya memiliki rasa tawar dan bisa dikonsumsi secara langsung. Daya tarik lainnya adalah, konon siapa saja yang mandi di sungai ini, kulitnya akan menjadi putih bersih. Mitos lainnya yang berkembang, siapapun yang mandi di sungai ini, semua rasa lelah akan hilang dikarenakan airnya yang dingin dan sejuk.

Sebagai sungai yang masih disakralkan oleh suku Dayak, ada beberapa pantangan yang harus dihindari oleh para pengunjung yang mandi di sini. Salah satunya adalah tidak menanggalkan pakaian ketika sedang menceburkan diri di sungai ini. 

Bagaimana, penasaran ingin menjelajahi sungai merah di Kalimantan yang fenomenal ini?

Editor : Vien Dimyati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut