get app
inews
Aa Read Next : Cek Sekarang! 10 Destinasi Wisata Kudus Bikin Kalian Betah, Pemandangannya Bak Syurga

Unik, Danau Kristal di Sulawesi Miliki Air Sangat Jernih, tapi Jadi Hitam ketika Dilihat dari Jauh

Senin, 06 Februari 2023 | 20:35 WIB
header img
Mengintip keindahan Danau Paisupok di Sulawesi Tengah yang sangat jernih (Foto: Instagram @rafftanor)

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Pesona keindahan alam yang ada di Sulawesi Tengah wajib dijelajahi wisatawan. Apalagi jika singgah ke kawasan Banggai Kepulauan, di sini terdapat danau eksotis di Desa Lukpanenteng. 

Ya, danau cantik yang bernama Paisupok ini dikenal dengan sebutan Kristal. Disebut Kristal karena memiliki air yang jernih dan bening seperti kristal. Jika dari atas, Anda dapat melihat jelas dasar danau yang dipenuhi bebatuan dan pepohonan. 

Danau Paisupok terletak di Desa Lukpanenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan. Danau ini harus menjadi tujuan destinasi wisata yang dikunjungi saat di Sulawesi Tengah.

"Indonesia memiliki beberapa danau dengan air sebening kaca. Jika Kalimantan punya Danau Labuan Cermin di Berau, maka Sulawesi Tengah punya Danau Paisu Pok. Danau ini berada di Desa Luk Panenteng, Bulagi Utara, Kab. Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Walau Paisu Pok bermakna air hitam, siapa sangka airnya sangat bening. Trus kenapa dinamakan Paisu Pok? Ternyata katanya nih, kalau dilihat dari kejauhan, air kolamnya terlihat berwarna hitam. Hmmm…Penasaran? Datang aja ke sini ya," tulis Instagram wegoindonesia.

Penasaran ingin tahu seperti apa keunikan Danau Paisupok di Sulawesi Tengah ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (6/2/2023).

Danau dengan air yang jernih

Danau Paisupok tersembunyi di Desa Lukpanenteng. Jika menelusuri danau ini, Anda akan melihat danau jernih dengan air kebiruan. Di sekitar danau, dikelilingi pepohonan yang membuat tempat ini semakin eksotis. Terlebih pantulan cahaya matahari menyajikan panorama yang memukau.

Danau ini memang terlihat indah karen memiliki warna jernih kebiruan. Airnya berwarna biru dan sangat jernih, bahkan terlihat sebening kristal. saking jernihnya air di danau tersebut Anda bisa melihat dasar danau yang ditumbuhi oleh akar-akan pohon dengan ukuran yang besar. Ketika matahari mulai menyinari danau, dasar air akan terlihat jelas karena memang air danau ini sangat jernih. 

Untuk menikmati keindahan danau tersebut, Anda bisa mencoba menelusuri danau menggunakan perahu kayu. Tak hanya air yang bening, danau ini juga dikelilingi dengan vegetasi atau tumbuh-tumbuhan hijau yang membuat pikiran lebih tenang, dan tentunya menyejukkan mata. Danau ini merupakan salah satu hidden gem yang bisa dijadikan bucket list perjalanan.

Air dengan dua rasa

Danau Paisupok memang unik, karena  memiliki air dengan dua rasa. Awalnya air di Danau Paisupok memiliki rasa asin. Karena memiliki letak geografis yang berdekatan dengan laut, maka terjadi siklus alam yang lain, air di danau ini menjadi tawar. Kini rasa air di danau ini menjadi tawar dan asin.

Berkunjung ke Danau Paisupok tak lengkap rasanya jika tak mencoba beberapa aktivitas seperti berswafoto dengan pemandangan air sebening kristal ini. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen dengan mengambil foto atau video dengan latar belakang danau yang dikelilingi dengan pohon-pohon yang tumbuh subur di sepanjang area danau. Tak hanya bisa menikmati dari atas permukaan danau, Anda juga bisa berenang di danau satu ini dengan menikmati air danau yang menyejukkan. Danau Paisupok buka setiap hari tanpa batasan jam operasional tertentu. Namun disarankan untuk mengunjungi Danau Paisupok pada pagi hari. Selain tak terlalu panas, Anda bisa menikmati keindahan alam Danau Paisupok lebih lama.

Editor : Vien Dimyati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut