Logo Network
Network

Spesifikasi Pesawat TNI AL G-36 Bonanza Buatan AS yang Jatuh di Selat Madura

Kurnia Illahi
.
Rabu, 07 September 2022 | 16:03 WIB
Spesifikasi Pesawat TNI AL G-36 Bonanza Buatan AS yang Jatuh di Selat Madura
Spesifikasi Pesawat TNI AL G-36 Bonanza Buatan AS yang Jatuh di Selat Madura. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsCilacap.id - Pesawat TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 yang terjatuh di Selat Madura, Jawa Timur, Rabu (7/6/2022) memiliki spesifikasi khusus. Pesawat buatan Amerika Serikat itu jatuh ketika latihan antiserangan udara.

Pesawat jenis G-36 Bonanza merupakan pesawat latih bermesin tunggal yang berasal dari Kansas, USA. Dikutip dari laman TNI, menyebutkan pesawat ini berkekuatan 300 HP, 6 Cylinder dan berbahan bakar avgas. 

Pesawat tersebut mampu terbang dengan kecepatan maksimal hingga 326 Km/jam, dengan dimensi tinggi 2,62 m dan panjang 8,38 m. Selain itu, memiliki kabin lebih luas dari generasi sebelumnya. 

Memiliki kabin yang lebih luas dari generasi sebelumnya, pesawat ini memperkuat Skuadron 200. G-36 juga memiliki 6 tempat duduk yang terdiri dari 2 kursi untuk pilot dan copilot serta 4 kursi untuk penumpang. Kemampuan jelajahnya hingga 1713 km dengan ketinggian 5639 m.

Sebanyak 4 unit Pesawat Udara (Pesud) Beechcraft tipe Bonanza G-36 secara resmi diserahkan ke TNI AL di Base Ops TNI AL Juanda, Surabaya pada 2015. Acara serah terima dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) saat itu Laksamana TNI Ade Supandi.

Acara serah terima pesawat latih ini diawali dengan laporan kesiapan oleh Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama TNI Prasetya Nugraha dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima pesawat.

Kehadiran empat unit pesawat latih Beechcraft Bonanza G-36, merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam penyiapan personel penerbang yang andal sehingga mampu menjawab tantangan tugas TNI AL ke depan.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Berita iNews Cilacap di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.